Jumat, 19 Oktober 2012

Manusia Dan Cinta Kasih

Manusia Dan Cinta Kasih

 

Manusia Dan Cinta Kasih
Manusia dan cinta kasih seakan tidak dapat dipisahkan oleh apapun,bahkan maut sekalipun tidak dapat memisahkan cinta kasih seseorang,seperti cinta kasih seorang anak kepada orang tuanya ,walau ada dari mereka yang telah ditinggal oleh orang tuanya namun mereka tetap mengingat dan mendoakan orangtuanya,ikatan cinta kasih takaan penah putus dan terpisah didalam jiwa manusia,cinta kasih bukan hanya sekedar cinta kepada kekasih atau pada pacar,suami maupun istri,tetapi kepada setiap manusia antar individu,walaupun pastinya berbeda cinta kasih yang diberikan kepada teman,sahabat,orang tua,maupun pacar dan kekasih,cinta kasih memiliki batasan-batasan yang berbeda kepada setiap manusia.
Beberapa pengertian dan jenis dari cinta kasih seperti Cinta kepada sesama manusia, Cinta kepada sesama manusia adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
1. Knowledge (pengenalan)
2. Responsibilty (tanggung jawab)
3. Care (perhatian)
4. Respect (saling menghormati)
Cinta berada di seluruh semua kebudayaan manusia. Oleh karena perbedaan kebudayaan ini, maka pendefinisian dari cinta pun sulit ditetapkan..
skPara pakar telah mendefinisikan dan memilah-milah istilah ini yang pengertiannya sangat rumit. Antara lain mereka membedakan cinta terhadap sesama manusia dan yang terkait dengannya menkadi:
1. Cinta terhadap keluarga
2. Cinta terhadap teman-teman, atau philia
3. Cinta yang romantis atau juga disebut asmara
4. Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros
5. Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
6. Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisme
7. Cinta akan sebuah konsep tertentu
8. Cinta akan negaranya atau patriotisme
9. Cinta akan bangsa atau nasionalisme
Cinta antar pribadi manusia menunjuk kepada cinta antara manusia mempunyai beberapa undur yang sering ada dalam cinta antar pribadi tersebut yaitu
Þ Afeksi: menghargai orang lain
Þ Ikatan: memuaskan kebutuhan emosi dasar
Þ Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain
Þ Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan
Þ Commitment: keinginan untuk mengabadikan cinta
Þ Keintiman emosional: berbagia emosi dan rasa
Þ Kinship: ikatan keluarga
Þ Passion: nafsu seksual
Þ Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain
Þ Self-interest: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi
Þ Service: keinginan untuk membantu.
PENGERTIAN CINTA KASIH
1. Arti Cinta Kasih
Cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang didukung oleh unsur karsa, yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang menimbulkan tanggung jawab. Dalam cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemesraan. Belas kasihan dan pengabdian.
2. Ungkapan Cinta Kasih
Cinta kasih adalah ungkapan perasaan yang diwujudkan dengan tingkah laku, seperti dengan kata-kata, tulisan, gerak, atau media lainnya. Ungkapan dengan kata-kata atau pernyataan, misalnya ungkapan. Aku cinta padamu. Ungkapan dengan tulisan,
B. PENGERTIAN KASIH SAYANG
Kata kasih dan sayang itu mengandung pengertian yang sangat luas. Dan yang pasti setiap insan manusia perlu tahu dan mengerti apa makna kasih sayang yang sebenarnya, sekaligus memilikinya di dalam sanubari. Seseorang akan terlanda kekeringan jiwa jika hidup tanpa memiliki kasih maupun sayang. Apapun yang terjadi, pasti dia akan selalu ingin cintai sekaligus mencintai orang lain. Dari pertama kali lahir di dunia sampai ajal menjemput.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar